SOLUSI RATTLE PADA MECHANICAL KEYBOARD STABILIZER

Salah satu problem terbesar yang sering dihadapi oleh pemilik mechanical keyboard adalah rattle, suara kertak-kertuk, kadang suara tik-tik pada key yang panjang dan menggunakan stabilizer sepert SHIFT, SPACEBAR, ENTER, BACKSPACE.

Kita akan mulai dengan beberapa pengetahuan dasar mengenai stabilizer.

PCB yang menggunakan plate mount – TIDAK ADA LUBANG untuk sekrup atau clip in
PCB yang menggunakan PCB mount – ADA LUBANG untuk sekrup atau clip in

Bagian-bagian dari stabilizer:
1. stab housing
2. stab stem
3. wire, biasanya ada ukuran 2U, 6.25U dan 7U
4. sekrup untuk PCB mount stabilizer (terkadang juga diberi washer)

Untuk standard keyboard pabrikan dengan layout TKL, biasanya butuh 4 set stab dengan wire 2U dan 1 set stab dengan wire 6.25U, begitu juga dengan 60%, 65% atau 75%. Terkadang malah butuh lebih sedikit.
Sedangkan untuk standard keyboard full layout, biasanya butuh 7 set stab dengan wire 2U dan 1 set stab dengan wire 6.25U.

Untuk custom keyboard, harap perhatikan apakah layout membutuhkan 1 set dengan wire 7U atau 6.25U. Sedangkan untuk ergo keyboard, biasanya butuh extra set 2U dan tidak membutuhkan wire 6.25U atau 7U.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan stabilizer.

Saya tidak membahas semua jenis stabilizer yang ada karena memang panduan ini tidak dimaksudkan untuk membahas berbagai jenis stabilizer, misalnya ada costar style, dst karena sudah jarang ditemui.

Ketika hendak membereskan rattle, mungkin Anda perlu melepaskan stabilizer dari plate atau PCB. Pertama, pastikan dulu apakah keyboard Anda solder atau hotswap. Kalau solder, berarti Anda mungkin perlu desolder dulu switch yang berasa di tengah stabilizer, sebelum Anda bisa melepaskan stabilizer. Bahkan kalau keyboard menggunakan stabilizer PCB mount, Anda perlu melepaskan semua switch terlebih dahulu.

Sedangkan kalau keyboard Anda hotswap dan stabilizer plate mount, Anda tinggal menekan tuas kecil yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah itu, tekan menuju stem untuk melepaskan sisi bagian merah. Kemudian geser yang bagian kuning sampai wire dan housing bisa dilepaskan dari plate.

Ada banyak cara untuk mengurangi atau menghilangkan rattle dari stabilizer. Saya tidak akan membahas semuanya karena Anda bisa mendapatkan berbagai tutorial tentang hal ini di YouTube. Saya hanya akan membagikan beberapa tip sederhana yang bisa dilakukan.

INGAT: MODIFIKASI SECUKUPNYA!
Ketika sudah tidak rattle, STOP!

Lubing housing, stem dan wire stabilizers adalah salah satu cara untuk mengurangi dan menghilangkan rattle dengan mudah.

Untuk wire, jangan gunakan terlalu banyak, apalagi seperti permatex karena sangat kental dan bisa mengakibatkan stab sulit bergerak dan terasa mushy. Biasanya ketika dipencet, naiknya lambat. Idealnya adalah menutup semua permukaan yang ditunjukkan dengan warna merah di gambar, cukup dan merata.

Beberapa link video tutorial untuk modifikasi stabilizer:

Holee Mod oleh Hamaji Neo: https://youtu.be/-vhpHjlkRgQ
How to Lube and Tune Stabilizers oleh Taeha Types: https://youtu.be/usNx1_d0HbQ
Guide and Explanation for Epsi Mod oleh Epsilon Keyboards: https://youtu.be/aDX-jwbqie4

Mungkin masih banyak cara untuk membereskan rattle dari stabilizers mechanical keyboard, tetapi saya harap panduan ini cukup membantu Anda untuk mengurangi, bahkan menghilangkan rattle pada stabilizers mechanical keyboard Anda.

Ada kalanya, kita sudah melakukan semua yang bisa kita lakukan, tetapi stab bawaan masih rattle. Inilah saatnya bagi Anda untuk mengganti stabilizers dengan stabilizers yang dijual di market place. Pastikan Anda beli tipe yang tepat untuk keyboard Anda, apakah plate mount atau PCB mount dan jumlahnya juga cukup. Anda bisa dapatkan stabilizers, lubing, dll di KEEB

Semoga panduan ini bermanfaat dan membuat suara stabilizers Anda merdu di telinga dan key menyenangkan untuk ditekan.

Silakan membagikan panduan ini kepada teman-teman yang baru masuk ke hobi mechanical keyboard sehingga bisa membantu mereka untuk lebih betah di hobi ini dan komunitas mechanical keyboard di Indonesia semakin berkembang.

Jika masih ada pertanyaan, silakan bertanya melalui kolom komentar, FB messenger atau chat KEEB

KEEB GETTING BETTER!
Inge Santoso (bukan Om, Bang, Mas, Ko, Pak…tetapi Bu, Mbak, Ci, Tante, Miss)

9 thoughts on “SOLUSI RATTLE PADA MECHANICAL KEYBOARD STABILIZER

  1. Pingback: Review Singkat dan Panduan Modifikasi Fantech Maxfit61 – Inge Santoso – Learn & Grow!

  2. mantapp artikelnya!!!

  3. Pingback: Review dan Panduan Modifikasi Sades Kunai SK-868 – Inge Santoso – Learn & Grow!

  4. Pingback: REVIEW dan PANDUAN MODIFIKASI SADES TENKA SK-871 – Inge Santoso – Learn & Grow!

  5. halo gan, stabilizer stock saya rattle, nah saya tertarik sama stabilizer after market. Apakah stabilizer stock itu bisa setara sama after market setelah di mod? makasih

  6. artikel yang sangat membantu!
    terimakasih edukasinya ❤

  7. Pingback: REVIEW dan PANDUAN MODIFIKASI SADES TENKA SK-871 – KEEB Mechanical Keyboard

  8. Pingback: Review Singkat dan Panduan Modifikasi Fantech Maxfit61 – KEEB Mechanical Keyboard

  9. Pingback: Review dan Panduan Modifikasi Sades Kunai SK-868 – KEEB Mechanical Keyboard

Leave a comment