VORTEXSERIES GT-65 GASKET MOUNTED MECHANICAL KEYBOARD – REVIEW

Pada 15 Desember 2022, Vortexseries merilis GT-65, mechanical keyboard 65% tiga koneksi dengan knob dan gasket mount.

Beberapa reviewer dan streamer bahkan mengatakan ini adalah BEST keyboard prebuilt di tahun 2022. Saya penasaran apakah memang fitur-fitur di Vortexseries GT-65 membuatnya layak dinobatkan sebagai best keyboard prebuilt 2022 dan berapa lama bertahan di tahun 2023 sebelum ada yang melibasnya.

Saat ini Anda bisa mendapatkan Vortexseries GT-65 mulai dari Rp790.000-1.250.000 tergantung dari konfigurasi switch yang dipilih.

UNBOXING

Saya mendapat unit Vortexseries GT-65 dengan keycap Black Crimson, Switch Aflion Blue Sky v2.

Isi kotak:
– Mechanical Keyboard Vortexseries GT-65
– User Manual
– 2-in-1 switch dan keycap puller
– coiled cable USB type-C dengan aviator
– dongle untuk wireless 2.4Ghz ada pada case

Untuk opsi barebone, Anda akan mendapat keyboard GT-65, manual, 2-in-1 switch dan keycap puller, coiled cable, stabiliser, TANPA switch, TANPA keycap. Cocok buat Anda yang sudah punya switch dan keycap.

WIN mode atau MAC mode
Untuk mengubah MAC mode dan WIN mode, sekarang ada slider di dekat USB port. Seharusnya ini akan mengurangi pertanyaan mengapa ALT dan WIN tertukar karena tidak sengaja memencet kombinasi tombol yang mengubah mode keyboard dari WIN ke MAC. Sayangnya untuk software keyboard, belum ada untuk versi MAC.

CASE

Vortexseries GT-65 hanya ada warna hitam. Sudut-sudut case tidak ada yang tajam, semua ada lengkungan. Case terasa halus ketika dipegang, tapi lumayan aman dari bekas sidik jari, bukan fingerprint magnet. Kecuali kalau tangan Anda ketika memegang memang berminyak seperti tangan saya ketika habis lubing stabiliser dan memegang GT-65 di bawah ini.

Ada dua pilihan ketinggian pada kick out feet, jadi silakan mengubah sudut kemiringan keyboard sesuai preferensi Anda.

KONEKTIVITAS dan BATERAI

GT-65 ada 3 pilihan konektivitas:
1. wired (menggunakan kabel USB Type-C)
2. wireless 2.4GHz menggunakan dongle
3. Bluetooth 5.0 yang bisa pairing dengan 3 perangkat

Untuk menggunakan wireless 2.4Ghz, geser slider di belakang ke arah kiri yang bertuliskan 2.4G. Gunakan dongle yang tersimpan di case, tancapkan ke USB port pada PC atau notebook Anda, kemudian tekan Fn+R agak lama untuk memasuki mode pairing dan lampu indikator berwarna putih akan berkedip cepat. Jika sudah terkoneksi, maka lampu indikator akan berhenti berkedip dan menyala berwarna putih.

Sedangkan Bluetooth bisa pairing dengan 3 perangkat dengan Fn+Q/W/E. Untuk memasuki pairing mode, tekan Fn+Q/W/E agak lama, lampu indikator akan berkedip merah/hijau/biru dengan cepat. Buka koneksi Bluetooth pada perangkat dan pilih Vortexseries GT-65. Jika sudah terkoneksi, lampu indikator akan berhenti berkedip. Untuk berpindah koneksi dengan perangkat yang berbeda, cukup tekan Fn+Q/W/E dengan cepat.

Saya merasa sangat terbantu dengan koneksi Bluetooth, biasanya saya set Fn+Q untuk PC, Fn+W ke iPad, Fn+E ke notebook.

Baterai GT-65 kapasitasnya cukup besar, yaitu 3000mAh, lebih besar dari GT-8 Smokey di 2200mAh.
Bila baterai butuh charging, lampu indikator akan berkedip merah. Lampu indikator baterai berwarna merah ketika mengisi daya dan berubah menjadi hijau ketika sudah penuh.

Ketika menambah daya atau charging, gunakan daya dan kabel dari komputer. Jangan menggunakan adaptor atau charger berkapasitas tinggi atau fast charging.

KEYCAP

Keycap bawaan GT-65 adalah PBT doubleshot CSA profile. Ada dua pilihan warna, Black Orange atau Black Crimson.

Saya sudah pernah bahas dan bandingkan keycap ini dengan keycap Vortexseries yang lain pada artikel Upgraded Vortexseries GT-8 Smokey Black Edition.

Saya tidak akan bahas panjang lebar lagi di artikel ini.

Bila Anda ingin mengganti keycap dengan yang Anda suka, Anda bebas memilih mulai dari yang paling tinggi seperti SA sampai Cherry profile yang paling pendek. Anda tidak perlu kuatir dengan interference dengan keycap Cherry profile karena GT-65 menggunakan South Facing PCB.

KNOB

Knob GT-65 berbeda dengan knob keyboard Vortexseries yang lain seperti GT-8, GT-6, ukurannya lebih kecil. Walaupun Anda bisa menggunakan knob yang lain, tapi memang secara estetika, jadi terlalu besar dan kurang simetris.

Fungsi dari knob ketika ditekan MUTE, diputar searah jarum jam VOLUME UP, melawan arah jarum jam, VOLUME DOWN.

STABILISER

Stabiliser bawaan Vortexseries GT-65 adalah Durock plate mount v2. Pada halaman produk dituliskan hanya Durock v2 yang seringkali diasumsikan sebagai Durock PCB screw-in v2.

Walaupun sudah ada pelumas pada stabiliser untuk meminimalkan rattle, jika ingin optimal, Anda perlu melumasi ulang karena pelumas hanya ada pada wire, sedangkan di dalam housing dan sisi luar stem masih kering. Anda tidak perlu clipping kaki stem, cukup lumasi housing dan stem menggunakan Krytox 205g0, sedangkan wire bisa dilap dulu, kemudian lumasi dengan Krytox 205g0, Krytox XHT-BDZ atau Permatex.

Melepas dan memasang stabiliser pada spacebar GT-65 tidak semudah biasanya karena terganjal plate foam. Jadi mungkin Anda perlu agak menekan wire ke plate foam baru geser ke dalam sampai wire berada di sela-sela foam.

Salah satu hal menarik dari GT-65 adalah opsi menggunakan stabiliser PCB mount, clip in atau screw in. Jadi pada PCB GT-65, ada lubang untuk memasang stabiliser PCB mount.

Apakah bisa pakai semua jenis stabiliser PCB mount? Sayangnya belum bisa karena ada kendala pada plate. Jadi plate didesain untuk ukurannya pas dengan stabiliser Durock plate mount dan ternyata terlalu sempit untuk stabiliser PCB mount yang ada di pasaran saat ini.

Pada saat artikel ini ditulis, stabiliser PCB mount yang bisa dipasang di GT-65 adalah merk Cherry dan TX. Sedangkan stabiliser Durock v2 housingnya terlalu besar sehingga ketika dipasang, stabiliser tidak bisa bergerak naik turun.

Perbedaan ukuran housing:
Durock plate mount: 6.4 mm
Cherry screw in / clip in: 6.5mm
Durock screw in: 6.7 mm
TX clip in: 6.7 mm (tapi entah kenapa menurut orang-orang stabiliser masih bisa bergerak)

Berikut foto PCB GT-65 dengan lubang untuk stabiliser PCB mount. Jadi lubang yang lebih besar, saya beri tanda warna kuning, adalah untuk pengait stabiliser, sedangkan lubang yang lebih kecil (warna merah), biasanya untuk clip in atau bautnya.

Beberapa tips ketika menggunakan stabiliser PCB mount:
1. Pastikan membeli stabiliser yang cocok dengan PCB-nya, 1.2 mm atau 1.6 mm (GT-65 menggunakan 1.6 mm)
2. Memasang pada lubang yang tepat dan tidak terbalik
3. Pasang washer ketika memasang baut
4. Memutar baut secukupnya sampai stabiliser terpasang dengan sempurna, tidak ada gap antara housing stabiliser dan PCB
5. Tes menggunakan switch dan keycap untuk memastikan tidak ada rattle, ticking, dll. sebelum memasang plate dan switch lainnya

PERHATIAN: mengganti stabiliser menjadi PCB mount akan menghanguskan garansi karena butuh membuka baut yang ada segel stiker Vortexseries. Biasanya terletak di dekat shift kiri.

SWITCH

Ada lima pilihan switch untuk GT-65, beda switch, beda harga.

Switch yang tersedia:
1. Gateron Brown (tactile) 990K
2. Gateron Yellow (linear) 990K
3. Jwick Ultimate Black Smokey (linear, prelube) 1.100K
4. Jwick T1 Smokey (tactile, prelube) 1.100K
5. Aflion Blue Sky v2 (linear, prelube, long pole, SMD support) 1.250K

PCB GT-65 universal hotswap, Anda bisa menggunakan switch 3-pin (plate mount) atau 5-pin (PCB mount). Lampu LED juga rata sehingga tidak perlu kuatir apakah switch ada lubang LED.

Aflion Blue Sky v2 sepertinya sedang naik daun karena pada saat penulisan artikel ini sudah habis, sold out. Walaupun switch ini sudah prelube dari pabrik, sebaiknya Anda lube ulang menggunakan Krytox 205g0 pada stem dan housing, serta menggunakan Krytox GPL105 untuk per. Hasilnya feel dan suara akan lebih optimal.

Bagi saya switch ini terasa terlalu ringan, jadi saya mengganti per-nya dengan TX spring extra long 18mm 67g sesuai preferensi saya. Bila Anda suka suatu switch, tetapi terasa terlalu berat atau ringan, sebenarnya pilihan termudah dan murah adalah membeli spring/per sesuai preferensi Anda.

RGB dan SOFTWARE

VortexSeries GT-65 dilengkapi dengan RGB dengan berbagai mode. Untuk selengkapnya, Anda bisa atur melalui software yang dapat diunduh di https://vortexseries.net/support-and-software/

Untuk menggunakan software, Anda harus dalam mode wired, memakai kabel.

Software GT-65 lebih lengkap dan lebih bisa disesuaikan daripada sebelumnya. Bahkan ada pilihan untuk Momentary Fn atau Toggle Fn. Saya memang jarang menggunakan fungsi-fungsi khusus, tetapi mungkin Anda butuh untuk customise Fn layer sesuai keinginan Anda.

Siapa tahu upgrade berikutnya akan menggunakan QMK/VIA/VIAL? Mari kita tunggu.

INTERNAL GT-65

PERHATIAN: MEMBUKA CASE biasanya akan MENGHANGUSKAN GARANSI
Sebelum Anda membuka case, pastikan Anda sudah siap menghanguskan garansi dan menerima konsekuensinya bila ada masalah di kemudian hari.

Untuk membuka case GT-65 Anda butuh melepaskan kaitan pada top case dan bottom case. Ada 10 titik kaitan. Ingat untuk melepas knob sebelum melepas top case.

Harap diperhatikan ketika mau mengangkat plate dan PCB dari bottom case karena ada tiga kabel yang menghubungkan PCB dengan daughter board di bottom case.
1. kabel ke daughter board USB port, wireless option, MAC/WIN mode
2. kabel baterai
3. kabel knob

Pastikan berhati-hati ketika melepaskan kabelnya dan ketika memasang kembali, arahnya sudah benar sehingga tidak ada pin yang bengkok.

PCB

PCB dari GT-65 south facing, universal hotswap, LED rata. Untuk hotswap socket menggunakan Kailh hotswap socket. Kualitasnya jelas lebih bagus daripada Outemu hotswap socket di GT-6.

PLATE dan FOAM

Anda bisa melihat pada gambar, ada tambahan lapisan: PCB – PE foam – Poron plate foam – PC plate.

Makin ke sini, semakin banyak foam. Tidak dipungkiri memang cukup banyak yang menyukai suara foam board. Kali ini Vortexseries menambah PE foam mod pada GT-65. PE foam yang digunakan tebalnya 0.3 mm.

Sedangkan plate foam yang biasanya terbuat dari EVA foam, sekarang juga upgrade menggunakan poron dengan ketebalan 2.6 mm.

Belum lagi menggunakan PC (polycarbonate) plate yang mendukung suara foam board, serta memberikan extra flex atau kelenturan. PC plate pada GT-65 juga sudah dibuat di pabrik dan potongannya rapi dan halus, bukan potongan manual seperti GT-6 yang perlu diamplas-amplas.

Demi kelenturan dan efek trampolin, bahkan case foam juga tidak menggunakan EVA foam lagi, tetapi busa yang lebih empuk dan tidak padat sehingga tidak menahan PCB ketika terjadi flex.

MOUNTING

Akhirnya Vortexseries meluncurkan mechanical keyboard yang benar-benar gasket mount. Saya salut dengan upaya untuk bangkit dan belajar dari seri GT sebelumnya karena mungkin banyak yang kecewa ketika mounting GT-8 dan GT-6 masih belum dikategorikan gasket mount.

Saat ini memang banyak pengguna yang terpincut dengan gasket mount dan ingin beranjak dari tray mount. Biasanya mereka melihat custom keyboard gasket mount yang flex sampai kadang-kadang seperti trampolin dan tertarik untuk merasakan ini di keyboard prebuilt. Akhirnya Vortexseries mengeluarkan GT-65 untuk memenuhi keinginan ini.

Apakah gasket mount adalah mounting terbaik? Kembali lagi ke preferensi masing-masing pengguna. Ada yang suka gasket, ada yang suka top mount, ada yang suka pakai o-ring, dll. Gasket mount juga tidak berarti harus super flex bagai trampolin seperti yang sering diasumsikan oleh orang-orang yang baru masuk di hobi mechanical keyboard. Padahal yang penting ketika menggunakan gasket mount adalah efek bantalan (cushioning), ketika menekan tombol ada rasa “empuk” dan biasanya suaranya lebih seragam dan bersih.

Saya yakin bahwa ke depannya akan semakin banyak pilihan mounting yang menarik karena orang terus berinovasi.

Apakah ada kekurangan dari GT-65? Pada unit saya, case kelihatan agak sedikit melengkung. Saya tidak perhatikan apakah ini terjadi setelah saya melepas case atau dari awal memang demikian. Walaupun demikian, ketika saya letakkan di meja, tetap datar karena ada rubber feet.

KESIMPULAN

GT-65 bisa dikatakan terbaik dari semua lini mechanical keyboard dari Vortexseries dan banyak fitur-fiturnya merupakan loncatan upgrade dari versi-versi sebelumnya.

Daftar fitur baru:
– Gasket mount dengan poron
– Polycarbonate plate
– Poron plate foam
– Extra PE foam mod
– Daughterboard
– Kailh hotswap socket
– Baterai kapasitasnya bertambah
– Knob terpisah dari PCB
– Slider untuk WIN/MAC mode
– Durock plate mount stabiliser v2
– Software semakin lengkap
– Coiled cable
– Pilihan switch yang makin eksklusif dan menarik (Kapan kolaborasi dengan KEEB untuk meluncurkan switch baru?)

Semua fitur-fitur ini dengan harga yang ditawarkan? Worth it!

Saat ini kalau Anda mencari mechanical keyboard prebuilt dengan layout 65% dari brand lokal, beli Vortexseries GT-65.

Audio Sound Test:

Vortexseries GT-65 Audio Sound Test
Switch: Aflion Sky Blue v2 (lubed with Krytox 205g0, spring swap TX Extra Long 67g lubed with GPL105)
Stabiliser: Durock plate mount v2 lubed with Krytox 205g0
Recorded using Rode NT Mini

Keycap Black Crimson CSA profile
Keycap NicePBT Vasilisa

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga review ini bermanfaat.

Anda bisa follow IG @keebmechanicalkeyboard untuk mendapatkan tutorial dan informasi seputar hobi mechanical keyboard.

Ingat juga mampir ke KEEB untuk mendapatkan perlengkapan modifikasi, mulai dari lube, stemholder, kuas, EVA foam, switch, dll. Silakan chat melalui DM IG atau chat Tokopedia KEEB untuk konsultasi kebutuhan modifikasi Anda.

Terima Kasih!
KEEB Getting Better!

Written by:
Inge Santoso

Leave a comment