VORTEXSERIES VX8 PRO PANDUAN MODIFIKASI

VX8 PRO baru saja dirilis bulan April 2021. Ini adalah sedikit review dan panduan bagi Anda yang ingin memodifikasi VX8 Pro. Panduan ini adalah panduan bagi pemula dan mungkin tidak mencakup semua yang bisa dilakukan dengan mechanical keyboard VX8 Pro. Misalnya, di artikel ini saya tidak menuliskan panduan untuk spray painting case VX8 Pro, sedangkan saya ada menulikan di panduan modifikasi VX5.

Sedikit REVIEW tentang VX8 Pro.

VX8 Pro datang dengar cover outer sleeve berwarna hijau, begitu juga dengan VX6.

Di dalam kotak ada keyboard, kartu garansi, kertas manual, switch puller, keycap puller dan kabel USB-C.

USB-C ada di sebelah kiri, cocok dengan posisi coiled cable saya. Kali ini hanya ada satu port, tidak seperti VX5 yang ada dua port micro USB di kanan dan kiri.

VX8 Pro ini masih belum ada kick-out feet untuk mengubah kemiringan keyboard. Bagi saya, posisi ini terlalu datar dan kurang nyaman untuk mengetik. Di tengah itu ada ada slider ON OFF yang TIDAK BERFUNGSI karena itu dicadangkan untuk mode wireless. Jadi jangan tanya lagi, itu tombol ON OFF untuk apa.

VX8 Pro ini sudah universal hotswap, jadi bisa menggunakan switch dengan 3 pin, 5 pin. Tombol LED juga rata, tidak menonjol, jadi Anda tidak perlu kuatir lagi ketika berminat untuk mengganti switch.

Switch bawaan dari VX8 Pro ini Gateron dan bukan Outemu lagi. Ada tiga pilihan, Gateron Red untuk linear, Gateron Brown untuk tactile dan Gateron Blue untuk clicky.

Plate bawaannya berwarna silver dan stabiliser berwarna putih. Bagi Anda pecinta RGB, warna silver ini akan lebih memantulkan warna daripada hitam, sehingga RGB kelihatan lebih terang.

Anda bisa download software VX8 Pro di website VortexSeries

Software ini masih mentah sekali dan agak sulit dimengerti penggunaannya. Untuk remapping key, mengubah fungsi dari suatu key, klik key tersebut, kemudian input apa yang Anda mau, nanti key akan ada tanda hijau yang berarti sudah beralih fungsi.

Anda juga bisa set permainan lampu RGB di software tersebut.

MODIFIKASI

PERINGATAN: Sebagian modifikasi yang dilakukan akan menghanguskan garansi, jadi harap dipertimbangkan baik-baik sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, BACA MANUAL.

Membaca manual akan membantu Anda mendapatkan jawaban pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang bagaimana reset keyboard jika ada masalah. Memang manual dari VortexSeries ini selalu hanya terdiri dari satu lembar kertas dan tidak ada penjelasan-penjelasan yang lebih detail, tetapi bukan berarti kertas ini tidak diperlukan.

KEYCAP
Modifikasi termudah untuk dilakukan adalah mengganti keycap untuk mengubah penampilan mechanical keyboard VX8 Pro Anda. Keycap bawaan VX8 Pro ini adalah keycap dari bahan ABS. Bahannya memang agak tipis, tetapi memang sesuai dengan harga yang Anda bayarkan untuk keyboard ini.

Untuk mengganti keycap, Anda harus beli set yang cukup besar karena banyak ukuran-ukuran keycap yang tidak akan ada di set yang murah atau jumlahnya sedikit. Misalnya Shift 1.75U, kemudian CTRL, FN, ALT masing-masing 1U dan profil di kolom paling kanan itu perlu dicarikan yang tingginya cocok.

Salah satu solusi adalah menggunakan profil yang rata seperti XDA atau DSA yang bisa Anda cari di market place sehingga Anda cuma perlu memastikan ukurannya, tanpa bingung dengan tinggi rendahnya.

Ini salah satu contoh mengganti keycap dengan PBT white on black (WOB) dari marketplace.

Mengingat bahwa VX8 Pro ini PCB masih north facing, kemungkinan ada interference (keycap menabrak housing dari switch) di deretan ASDF ketika menggunakan cherry profile keycap. Oleh sebab itu, keycap bawaannya adalah OEM profile yang sedikit lebih tinggi daripada cherry profile.

LUBING SWITCH

Salah satu modifikasi yang membuat suatu mechanical keyboard terasa bedanya dari rasa dan suara adalah lubing atau melumasi switch.

Untuk peralatan yang diperlukan untuk lubing, Anda bisa lihat di artikel PERLENGKAPAN LUBING MECHANICAL KEYBOARD SWITCH

Jika Anda beli VX8 Pro dengan Gateron Blue, Anda bisa skip atau lewati bagian ini karena switch Anda tidak perlu lubing karena memang sudah cinta dengan suara berisik. Kalau masih berniat mengurangi suara scratch dari spring atau per, Anda cukup melumasi per dengan Krytox GPL 104.

Bagi Anda dengan switch Gateron Red dan Brown, Anda bisa melumasi switch Anda sesuai preferensi.

Saya tidak tahu harus berapa kali menulis ini di setiap artikel, HARAP GUNAKAN LUBE YANG DIANJURKAN, seperti Krytox 204g0, Krytox 205g0, Tribosys untuk housing dan stem, sedangkan Krytox GPL 104 dan 105 untuk memudahkan Anda melumasi spring/per.

JANGAN menggunakan pelumas-pelumas lain yang ajaib dengan alasan eksperimen. Kalau Anda bereskperimen dan hasilnya tidak sesuai, jangan mengeluh di sosial media. Kalau sampai mechanical keyboard Anda rusak, jangan mengeluh tidak punya dana untuk beli lagi.

Ngeyel….sak karepmu! Badung…terserah!

Ini video tentang bagaimana cara melumasi switch dari CrankyTechID https://youtu.be/vkpg_Hozub8

LUBING dan TUNING STABILISER

Mungkin bagi Anda yang masih pemula bingung dengan apa yang dimaksud dengan stabiliser. Stabiliser ini biasanya ada di SHIFT KIRI, SPACEBAR, ENTER dan BACKSPACE membantu menstabilkan keycap yang ukurannya lebih panjang, misalnya 2U ke atas.

VX8 Pro menggunakan 3 stabiliser dengan ukuran 2U untuk SHIFT KIRI, ENTER, dan BACKSPACE. Sedangkan SPACEBAR menggunakan stabiliser denga wire sepanjang 6.25U.

Saya cukup senang melihat stabiliser bawaan VX8 Pro ini karena sudah ada perkembangan dibandingkan stabiliser sebelumnya yang terkenal cukup banyak rattle. Paling tidak, kali ini sudah tidak ada hook yang perlu dipotong atau clipping. Jadi kaki-kakinya sudah rata.

Walaupun sudah ada sedikit factory lube, kalau ingin mendapatkan suara yang maksimal, tentu saja perlu lube housing stabiliser dan juga wire untuk mengurangi atau menghilangkan rattle.

Untuk housing, bisa menggunakan Krytox 205g0, sedangkan wire bisa menggunakan Krytox atau Permatex, tergantung budget Anda.

Sekarang juga banyak yang menggunakan metode Holee Mod untuk mengurangi rattle. Saya sendiri belum menggunakan holee mod karena selama ini sudah bisa mendapat hasil yang cukup bagus dengan lube dan mungkin sedikit bandaid mod.

Bahkan menurut saya, di VX8 Pro ini malah tidak usah pasang bandaid di PCB karena justru membuat stabiliser tidak responsif dan mushy.

CASE FOAM dan PLATE FOAM

Memasuki modifikasi memasang case foam dan plate foam, ini sudah pasti akan menghanguskan garansi karena Anda harus membuka sekrup yang ada stiker vortex diatasnya.

Kalau Anda sudah siap melepaskan garansi demi suara thock yang optimal, Anda bisa melihat step-step di bawah ini.

Untuk memasang plate foam yang terletak diantara PCB dan Plate, Anda harus membuka semua baut yang ada. Ada 6 baut dari Plate ke PCB dan ada 6 baut ke case.

Untuk plate foam, walaupun Anda bisa memotong sendiri secara manual, tetapi kalau ingin lebih mudah dan rapi, Anda bisa membeli plate foam untuk VX8 di market place. Biasanya plate foam terbuat dari EVA foam dengan tebal 2mm dan 1 set terdiri dari 2 lembar. Total ketebalan 4mm.

Sedangkan untuk case foam, Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Di bawah PCB memang masih ada ruangan kosong, sehingga untuk mendapatkan suara yang lebih dalam, Anda bisa memasang EVA foam di dasar case.

Ini adalah lapisan paling bawah, ini EVA foam berwarna hitam dengan ketebalan 2 mm yang dipotong secara manual sesuai dengan lekukan dan batasan di case VX8 Pro. Kalau mau rapi, memang butuh kesabaran.

Biasanya saya press atau tekan EVA foam ke case dan memotongnya di bekas-bekas tekanan itu, sehingga bisa rapi seperti foto di atas.

Kemudian saya buat 1 lapisan lagi setebal 2mm, tetapi hanya 1/2 bagian atas karena di bagian bawah sudah mepet dan kalau dipaksa, PCB dan Plate nanti akan melengkung ketika disekrup ke case.

Ingat memotong lubang kecil untuk tombol ON OFF tak berguna itu.

Ketika sudah selesai dan memasang ulang Plate dan PCB ke case, jangan memutar baut sampai maksimal, karena Anda akan bisa lihat bahwa plate tidak rata dan melengkung di sana-sini. Jadi cukup baut sehingga PCB dan plate tidak bergerak dan cek dari samping bahwa plate rata. Ketika switch dipasang, semua tingginya sama.

Kalau sudah selesai semua, pasang switch, pasang keycap.

Modifikasi sederhana ini sudah selesai.

Untuk perbandingan suara sebelum dan sesudah modifikasi, Anda bisa cek di 2 link ini.
BEFORE dan AFTER.

Untuk mendapatkan perlengkapan untuk modifikasi, Anda bisa menghubungi saya melalui chat di link ini.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai artikel tentang VortexSeriex VX8 Pro ini.

Anda boleh membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang memasuki dunia mechanical keyboard.
Semoga bermanfaat.

Saya mengakhiri artikel ini dengan design deskmat sebagai peringatan:

Mechanical Keyboard – EMPTY YOUR WALLET

Artikel ini ditulis oleh:
Miss/Bu/Mbak/Ci INGE SANTOSO, bukan Om/Bang/Ngab/Ko.

Foto-foto juga oleh:
Miss/Bu/Mbak/Ci INGE SANTOSO, bukan Om/Bang/Ngab/Ko.

5 thoughts on “VORTEXSERIES VX8 PRO PANDUAN MODIFIKASI

  1. misal kita mau ganti case,vx 8 pro ini ada underglow ga ya ?

  2. masih ada software vx8 pro ga ya? yang baru dari website, tidak bisa detect keyboard saya..

Leave a comment