VX7 PRO SMOKEY BLACK

Vortexseries merilis upgrade dari VX7 PRO, yaitu VX7 PRO Smokey Black Edition, mechanical keyboard TKL (TenKeyLess). Saat artikel ini ditulis, Anda bisa mendapatkannya tanpa memecah celengan ayam di Rp580.000-630.000.

Mari kita lihat bersama VX7 PRO Smokey Black Edition

UNBOXING

Isi:
1. Mechanical Keyboard VX7 PRO Smokey Black Edition – TKL layout
2. Kabel USB Type C
3. 2-in-1 switch dan keycap puller
4. Manual VX7 PRO

Info tambahan bagi Anda yang menggunakan MacOS, Anda bisa memindahkan dari Win Mode ke Mac Mode atau sebaliknya dengan Fn+left ALT.

CASE

Case VX7 PRO Smokey Black Edition termasuk case plastik semi transparan. Di sebelah ESC ada lampu indikator untuk CAPSLOCK, WINLOCK, dan SCROLL LOCK.

VX7 PRO ada case foam sehingga Anda tidak bisa melihat gemerlap lampu RGB dari bawah case, agak berbeda dengan VX8 yang tanpa case foam.

Di bagian bawah, ada rubber feet dan kick out feet (hanya ada satu ketinggian, tidak seperti seri GT yang ada dua pilihan).

Posisi USB port seperti VX8 menjorok ke dalam dan jika Anda menggunakan kabel bawaan, kabel bisa diatur untuk keluar dari tengah, kanan, atau kiri, sesuaikan dengan desk setup Anda sehingga terlihat rapi.

USB port yang menjorok ke dalam ini kurang mendukung kabel custom yang cenderung lebih besar diameter kabel atau konektornya. Walaupun demikian, ketika keyboard diletakkan di meja dengan posisi flat, masih ada ruang yang cukup untuk kabel dan tidak mengganjal. Jadi Anda masih bisa menggunakan kabel custom untuk menambah estetika desk setup.

KEYCAP

VX7 PRO Black Smokey Edition menggunakan keycap Cherry profile karena PCB sudah south facing dan aman dari interference (keycap menabrak housing switch, terutama di deretan ASDF, dst).

Keycap versi Smokey Black semua sama, yaitu PBT doubleshot, permukaan cenderung halus, dan legend cukup bagus dan rapi. Ketebalan keycap di antara 1,2-1,4mm.

Sebenarnya keycap ini legend-nya transparan dan tembus cahaya, tetapi karena South Facing dan LED ada di bagian bawah, maka cahayanya tidak tembus ke keycap. Bila Anda suka RGB, mungkin bisa mencoba pudding keycap, backlit keycap, bahkan keycap transparan.

Jika Anda berniat untuk mengganti keycap dengan warna yang Anda suka, TKL adalah salah satu layout yang paling mudah untuk mencari keycap.

STABILISER

Stabiliser bawaan VX7 PRO Smokey Black Edition cukup bagus. Stem stabiliser rata, tidak ada hook atau kaitan, sehingga tidak membutuhkan clipping.

Pada unit yang saya dapatkan, saya menemukan bahwa stabiliser di ENTER dan SHIFT KANAN kering tanpa lube, sedangkan di BACKSPACE, SHIFT KIRI, dan SPACEBAR banjir lube. Mungkin dalam proses perakitannya ada yang terlewat. Bagi saya, ini bukan masalah besar karena saya sudah pasti akan bersihkan dan melumasi ulang semua stabiliser dengan Krytox 205g0, sedangkan wire bisa menggunakan XHT-BDZ atau Permatex.

Stabiliser yang terpasang masih bergoyang sehingga berisiko rattle, jadi Anda perlu melakukan band-aid mod, yaitu menempelkan band-aid pada plate sehingga stabiliser tidak bergoyang ketika dipasang.

Salah satu tambahan fitur adalah karet yang menutupi lubang stabiliser pada SPACEBAR sehingga membantu meredam suara dan mengurangi suara kopong.

SWITCH dan PCB

Untuk switch bawaan, ada 4 pilihan:
1. Outemu Red (linear)
2. Outemu Blue (clicky)
3. Gateron Brown (tactile)
4. Gateron Yellow (linear)
Harga VX7 PRO Smokey Black dengan Gateron switch lebih mahal Rp50.000 dibandingkan dengan Outemu switch.

Saya mendapatkan unit dengan Gateron Brown KS-9 versi baru (bisa dilihat dari garis yang melintang di lubang lampu LED)

Walaupun semua switch bawaan 3 pin, tetapi Anda bebas menggunakan switch apa saja karena VX7 PRO Smokey Black Edition sudah universal hotswap, bisa 3 pin atau 5 pin.
Lampu LED juga rata, tidak menonjol, sehingga Anda tidak perlu memusingkan apakah switch mendukung SMD LED.

Dari posisi hotswap dan switch, Anda bisa melihat bahwa PCB South Facing (lampu di arah Selatan). Salah satu keuntungan utama PCB South Facing adalah menghindari interference ketika menggunakan keycap dengan Cherry profile.

INTERNAL

Untuk mengakses bagian ini, Anda perlu membuka case dan kemungkinan menghanguskan garansi keyboard Anda. Tolong pastikan bahwa Anda sudah siap jika garansi hangus.

Untuk melepaskan top case, Anda butuh melepaskan tiga baut dari bagian bawah case. Ada satu baut di dekat USB, dan dua lagi di bawah kick-out feet. Selanjutnya Anda perlu merenggangkan kaitan di pinggiran bawah case. Gunakan kartu dari plastik (jangan pakai kartu ATM atau kartu kredit yang masih berlaku karena kartu bisa rusak), renggangkan, kemudian geser ke kaitan sebelahnya. Jangan gunakan obeng karena metalnya bisa merusak case. Harap sabar dan berhati-hati ketika membuka case.

Ketika mengangkat PCB dan Plate dari bottom case, harap berhati-hati karena ada kabel JST yang menghubungkan PCB dengan daughterboard. Salah satu keuntungan menggunakan daughterboard adalah jika Anda ingin mengganti case dengan stacked acrylic gasket mount, maker akan lebih mudah membuatnya fleksibel tanpa takut merusak USB port.

Pada unit ini, salah satu baut daughterboard agak dol. Berhubung saya tidak ada niat untuk melepaskan daughterboard dari case, hal ini tidak menjadi masalah.

Untuk keyboard dari plastik yang harganya cenderung murah, biasanya memang tidak ada tambahan seperti spacer dari metal di lubang baut, sehingga kalau tidak berhati-hati dan sering lepas pasang, kemungkinan lama-lama plastik ulir di dalamnya jadi longgar dan baut tidak menggigit.

Plate cukup tebal, di sebelah utara dan selatan melengkung. Karena plate terjepit di antara top dan bottom case, jadi cenderung ke sandwich mount, tetapi tetap perlu perhatikan tiga baut yang menghubungkan top case dan bottom case apakah ada efek terhadap sandwich mount ini.

Di antara plate dan PCB, sudah ada plate foam setebal 4 mm.

VX7 PRO Smokey Black edition ada case foam walaupun super tipis, dengan ketebalan hanya 1 mm. Namun demikian, jika memakai EVA foam yang lebih tebal juga tidak bisa karena di deretan paling bawah memang tidak ada ruang lagi. Anda bisa lihat bagaimana hotswap socket sudah membekas di deretan paling bawah.

Kalau Anda ingin menambah foam, pastikan hanya menambah di bagian-bagian yang tidak ada tanda hotswap socket maupun garis-garis pembatas dari case.

Di antara plate dan PCB tidak ada stand off atau pengunci, jadi hanya memang terhubung dengan switch. Ini memudahkan buat Anda yang ingin memasang switch pad pada PCB supaya suara bisa lebih bulat lagi. Kali ini saya tidak memasang switch pad di seluruh keyboard. Saya mau coba kalau hanya di bagian yang ada stabiliser dan arrow.

MODIFIKASI

Salah satu modifikasi sederhana yang dilakukan adalah menambah EVA foam di case supaya lebih padat. Saya hanya menambah EVA foam setebal 2 mm di bagian yang masih ada ruang, kemudian di atasnya dipasang case foam bawaan dari VX7 PRO.

Saya ingin mengubah lampu indikator supaya lebih menarik, lampunya lebih fokus dan tidak terlalu berpendar. Saat ini hasilnya masih belum sempurna dan masih ingin saya coba apakah ada acara lain yang hasilnya bisa lebih bagus.

Di plate, saya pasang masking tape yang saya warnai dengan spidol hitam karena lubang di plate terlalu besar sehingga diameter cahaya yang sampai ke atas case terlalu lebar. Kemudian saya beri lubang dengan menusukkan plastik di case sehingga lubangnya pas sebesar yang dibutuhkan.

Untuk warna, saya menggunakan selotip bening yang saya beri warna menggunakan spidol. Kalau mau warnanya lebih bagus, mungkin perlu menggunakan plastik berwarna. Saat ini saya coba gunakan apa yang mudah ditemukan di rumah. Warna untuk CAPSLOCK biru, SCROLL LOCK merah muda, dan WIN LOCK hijau.

Saya sudah sebutkan di atas bahwa saya melakukan band-aid mod supaya stabiliser tidak bergoyang ketika dipasang di plate. Plate VX7 PRO ukurannya lebih pas daripada VX8, jadi saya hanya menggunakan satu lembar band-aid untuk dipasang di pinggir plate. Karena saya suka suara stabiliser lebih pelan, saya memasang micropore di bawah stabiliser sehingga suaranya agak sedikit teredam.

Kali ini saya mengganti switch dengan SP Star Polaris Grey yang sudah dilube dengan Krytox 205g0 dan GPL105 pada per. Perlu saya ingatkan ketika memasang switch, tolong dipastikan pin sudah lurus dan jangan dipaksa kalau misalnya terasa berat. Lebih baik cek ulang apakah sudah lurus dan pas dengan lubang pada PCB.

Bila ada yang tidak terdeteksi, coba dilepas dan dicek ulang, mungkin ada pin yang bengkok. Jika bengkok, coba diluruskan dengan menggunakan pinset atau tweezer, kadang saya menggunakan tang kecil untuk meluruskan pinnya.

Jika Anda membeli switch dari toko, sangat wajar bila ada pin yang bengkok. Itu tidak rusak. Memang kadang dari pabrik ketika dikirim ke reseller sudah bengkok dan tidak mungkin ribuan switch yang datang dicek satu per satu dan diluruskan. Jadi sudah tugas dari pemakai untuk memastikan pin sudah lurus ketika memasang pada hotswap socket.

Alangkah baiknya jika bisa memasang switch dengan menahan hotswap socket dari belakang, tetapi saya tahu tidak mungkin tiap mengganti switch, Anda membongkar case demi bisa menahan hotswap socket dari belakang. Pilihan berikutnya adalah lebih berhati-hati ketika memasang switch.

SOFTWARE
Anda bisa mengunduh software di sini.

Satu fitur yang paling menarik dan diburu adalah MAGIC FN pada keyboard OEM. Anda bisa remap Fn key dan tombol-tombol yang Anda inginkan di layer yang berbeda.

Tentu saja Anda juga bisa remap keys seperti biasa, membuat macro, dan mengatur lampu RGB.
Pilihan mode lampu RGB ada bermacam-macam, termasuk Musical Rhythm.

On board memory juga menyimpan kustomisasi Anda ketika menggunakan keyboard dengan perangkat PC yang lain.

AUDIO SOUND TEST

Audio Sound Test Vortexseries VX7 PRO Smokey Black Edition
1. Tambahan EVA foam untuk case foam
2. Switch pad pada stabilisers dan arrow
3. Switch SP Star Polaris Grey dilumasi dengan Krytox 205g0 dan GPL 105 pada per
4. Stabiliser bawaan dilumasi dengan Krytox 205g0
5. Band aid mod pada stabiliser

KESIMPULAN
Jika Anda suka keyboard dengan layout TKL yang sudah south facing dengan koneksi kabel, ada Magic FN, dan cukup mudah dimodifikasi, VX7 PRO Smokey Black Edition ini bisa Anda pertimbangkan.

Semoga review dan tutorial singkat ini bermanfaat bagi Anda, terutama bagi yang baru masuk ke hobby mechanical keyboard.

Anda boleh membagikan artikel ini ke teman-teman Anda, cukup dengan menyebutkan sumber artikel ini.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai.
Ingat mampir ke KEEB Sukoharjo untuk peralatan modifikasi, switch, stabiliser mechanical keyboard.

KEEB GETTING BETTER!
Inge Santoso (bukan om, bang, mas, ko, ngab, pak, dst)

Leave a comment